Kerjasama Luar Negeri

Kerjasama Luar Negeri

Kerja Sama Luar Negeri adalah kerjasama yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia dengan Negara-negara sahabat maupun dengan Organisasi Internasional baik Inter-Governmental Organization maupun Non-Governmental Organization. Dalam menjalin hubungan tersebut Indonesia senantiasa mempromosikan bentuk kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai saling menghormati, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, penolakan penggunaan kekerasan serta konsultasi dan mengutamakan konsensus dalam proses pengambilan keputusan. Khususnya dalam kerjasama dalam bidang Transportasi, Pemerintah Indonesia, secara aktif, mengikuti berbagai pertemuan dan forum untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja Sama Luar Negeri dibagi 3 yaitu:

  • Kerja Sama Bilateral

Bilateral adalah hubungan antara dua negara dengan tujuan saling menguntungkan kedua belah pihak. Saat ini Indonesia telah menjalin kerjasama bilateral dengan 162 negara serta satu teritori khusus yang berupa non-self governing territory. Negara-negara mitra kerjasama Indonesia ini terbagi dalam delapan kawasan (Afrika, ​Timur Tengah, Asia Timur dan Pasifik, Asia Selatan dan Tengah, Amerika Utara dan Tengah, Amerika Selatan dan Karibia, Eropa Barat, dan Eropa Tengah dan Timur).

Hubungan luar negeri Indonesia dengan negara-negara lain telah dimulai sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Berbagai forum, baik bilateral, regional maupun multilateral telah dirancang oleh Indonesia bersama-sama dengan negara-negara sahabat.

  • Kerja Sama Regional

Kerjasama regional adalah kerjasama antara negara-negara di kawasan yang melibatkan lebih dari 2 (dua) Negara. Kerjasama Sub Regional merupakan kerjasama yang mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan Regional.

Kerja sama regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh negara-negara yang berada di suatu kawasan tertentu yang biasanya berdekatan. Tujuan kerja sama regional biasanya sesuai kepentingan masing-masing negara. Namun secara umum untuk memajukan negara-negara yang berada di suatu kawasan atau wilayah.

  • Kerja Sama Multilateral

Kerja Sama Multilateral adalah kerja sama yang diselenggarakan oleh bangsa-bangsa di dunia tanpa memandang wilayah untuk kepentingan tertentu.

Footer Hubla Branding

Chat with us now!

Portal Hubla

Selamat datang 👋

Ada yang bisa dibantu?